Friday, July 23, 2010

Hotel Majapahit - Part II

Hotel itu kan hospitality business. Majapahit runs this business beyond well. Elo bisa liat Mba-Mba dan Mas di meja resepsionis di bawah ini. They are the most helpful staff ever!


Gue sempet "hampir" ketinggalan pesawat gara-gara salah gw.

Lahir dengan bakat berimajinasi dan berasumsi, gw ngerasa "inget banget" kalo pesawat dari Surabaya ke Jkt take off jam 8 dari Bandara Juanda. Dan berdasarkan anggapan ini, gw dengan pedenya bilang, "Besok sore saya check out jam 6 ya Mba", tanpa ngecek tiket lagi, waktu resepsionis nanya untuk mastiin lagi kapan gw check out.

Besoknya, setelah sesorean makan di luar hotel, nonton bioskop di plaza tunjungan, gw baru nyampe hotel jam 5.45pm. Terus beres-beres sampe jam 6 dan turun ke lobby buat check out. Pas check out feeling gw ngga enak. Salah satu dari Mba-nya tanya, "Naik pesawat apa Bu?", gw jawab, "Oh saya naik Batavia". Trus gw iseng-iseng cek tiket yang gw simpen di amplop. Mendadak gw deg-degan, "Jam 8 itu pesawat berangkat ato pesawat sampe ya...??"

Pas tiket gw buka, eng ing eeeng...ternyata pesawat berangkat jam 7!!! Sementara jam udah nunjuk ke angka 06:10pm!! Gw langsung PANIK! Gw tanya ama Mba-nya, "Mba, dari sini ke Bandara berapa lama ya?? Kayaknya saya ketinggalan pesawat deh, gimana ya...???"

Mbanya kaget waktu gw bilang pesawatnya ternyata brangkatnya jam 7, bukan jam 8. Mereka langsung recommend gw naik Blue Bird lewat tol. Pas gw bilang boleh, bell boy yang lagi di deket gw langsung lari keluar cari taksi blue bird. Mba-nya langsung buru-buru selesein proses pembayaran gw. Drama banget deh pokoknya. Sementara gw udah bayangin "Ngga mungkin sampe bandara sebelom jam 7. Kalopun gw nyampe pas jam 7, belom tentu dibolehin naik. Minimal check in di bandara kan 45 menit sebelumnya. Terus limit kartu kredit gw masih berapa ya? Cukup ngga tu buat beli tiket lagi ke Jakarta. Kalo ngga boleh pake kartu kredit gimana? I don't have cash. Jangan-jangan gw musti tidur di bandara. How should I tell the office about this?? Ini salah gw...jadi kalo gw mesti beli tiket lagi, pasti ngga boleh rembeurs. Should I tell my family? But my cellphone's battery off. And I forgot to bring the charger..." --All these thoughts were running and spinning and filling my almost crazy head.

Sambil nunggu taksi, gw ngerasa staf-staf yang ada di lobi care sama gw...huhuuhu...mereka ngajak ngobrol sambil pasang muka simpati yang menurut gw genuine banget. Pas taksi dateng, gw langsung rush in masuk taksi.

The driver managed to arrive in Juanda airport at 06:50. Such an awsome Blue Bird driver, eh? I gave him quite a big tip.

Di airport gw jadi tipe penumpang yang bikin orang lain kesel, sikat sana sikut sini sambil bilang, "Maaf, maaf, saya ketinggalan pesawat..maaf permisi..permisiii..."

Pas gw terengah-engah ke meja check in, it turned out...the plane got delayed!!! Jadi gw masih boleh check in! Horeeee!!! Malahan pesawat yang ke Jakarta belom datang pas gw check in, baru dateng jam 07:30pm dan berangkat jam 08:45. Penumpang lain pada kesel. Gw?? Senyum-senyum bersyukur, hahahhaha. Gw hampir lupa soal punggung gw yang sakit gara-gara di taksi ngga bisa duduk senderan ke belakang gara-gara parno. Overall, it was a huge luck for me. Bahkan ada sebagian diri gw yang ngerasa ini semua berkat staff Majapahit...hahahaha...yeah I believe they bring me good luck, though I don't know how.

Anyway...back to Majapahit, hotel yang berasa banget kayak rumah gw sendiri ini (ngarepnya someday gitu) punya area-area yang gw suka banget!


Ini selasar yang orang lewatin kalo habis dari Restoran Indigo dan mau balik lagi ke lobby. Liat tangganya ngga? I am obsessed with stairs. I love stairs. Terutama yang dibangun pake kayu tua, masih asli dan rapiiii kayak gini. Kesannya mahal tapi ngga secara flashy (kinclong norak kayak tas Gucci man I hate it). Kalo yang di bawah ini adalah kanopi yang menghubungkan area lobby sama ballroom. Klasik eh? Gw suka aksen sulur-sulur besi tipis yang dari kuningan ituuu.

Waktu gw sempet sarapan di restoran Indigo, ada anak cewe kecil nyamperin, padahal gw baru aja duduk. Selalu kayak gini loh. Anak-anak kalo ngeliatin gw bisa ampe lamaaa...gw bingung tu anak orang tuanya di mana. Karena dia ngga pergi-pergi jadi gw foto aja. Halo dedeeeekk...cetret!!!


The fact that I'm in Surabaya thrills me, as I've never been here before. Tapi kenyataan kalo gw dateng ke sini untuk alasan kerjaan dan gw dateng sendirian, plus ga ada temen di Surabaya, huhuhu, made me sad actually. Jadi waktu itu sambil sarapan di Indigo, gw ngeliatin ke jalanan di luar. This is another fact that amazes me. Maksud gw, Hotel Majapahit kan bukan hotel sembarangan. Yang nginep di sini orang2 penting (termasuk Megawati!). Tapi sama sekali ngga dipagarin tinggi-tinggi in a secluded area dengan staf sekuriti super ketat kayak hotel-hotel di Jakarta. Malahan, pas di luar jendela restoran Indigo, kita bisa liat orang jalan-jalan di trotoar pas di luar jendela.


Nah, restoran Indigo-nya sendiri kayak gini bentuknya:

Kalo yang ini Sarkies restaurant:


Masuk Majapahit tu kayak masuk museum yang dirawat banget! Banyak barang-barang tua masih cakep-cakep, I Love it! Dan dia punya sejarah. Being here you can have sooo many things to tell, which makes you kind of proud. And I love it!

Dan ngomong-ngomong soal "things to tell", toko Deli yang ini nih yang sebenernya supplier pastry enak-enak yang dijual di...hehehehe...the most sought-after international coffee shop yang di Jakarta juga populeer banget. My favourite! (Ask me in private about this, pal, won't tell further about it here)


I want to go there again...to Majapahit Hotel in Surabaya...

2 comments:

Robert Ravenheart said...

Hahaha drama banget yak... Untung aja pesawatnya yg delay. Btw, gw baca cerita elo jadi makin kagum sama pihak manajemen hotel Majapahit, wow bener2 ditraining bagaimana berinisiatif dan memberikan simpati kepada customer :-)

Ghonuk said...

Iya Bert, juara deh!

kayak pas gw sampe hotel dari bandara kan gw laper banget, jadi gw order makanan ke kamar. Staf yang anter makanannya ternyata inget muka gw dan nama gw pas gw sarapan di restoran indigo besok paginya.

Gw sampe amaze!!

servisnya personal banget, elo jadi berasa special banget, feeling like "someone" instead of noone. :D like everybody knows you in that hotel. It's very nice.